Tutorial effect kertas lusuh dengan Photoshop

Selamat sore gan,salam kenal para pengunjung blog ane,kali ini ane bakal share Tutorial effect kertas lusuh dengan Photoshop,ok,langsung kita mulai aja ya gan.


Step 1
bikin file baru dengan settingan kayak gambar dibawah ini.


[Image: 3713ec80.png]

Step 2
Double-click layer 'Background' di layer palette, klik Ok di pop up yg muncul. step ini buat bikin layer 'Background' jadi layer biasa. klo udah, Double-click lg layer 'Background' buat ngbuka Layer Styles. di jendela Layer Styles, centang di bagian Gradient Overlay sama Color Overlay. Atur settingan jd kek gini

[Image: dee80925.png]
[Image: 47246912.png]

Step 3
Pilih layer 'Background' trus klik Filter > Texture > Texturizer di Menubar. di pop up yang kemudian muncul, pilih efek Craquelure. Biarin settingan default,trus klik Ok.

[Image: a3ff4e89.png]

Step 4
yarp.. Kita uda kelar sama backgroundnya. Sekarang buat layer baru. Klik ikon 'New layer' di layer palette buat bikin layer baru. Ubah nama layer jd 'kertas', trus isi dengan warna #d6d6d6 (Abu-abu). klo udah, pilih layer 'kertas' trus pencet tombol Ctrl+J di keyboard buat duplikat layer tersebut. Secara default akan muncul layer dengan nama 'kertas copy'.
Klik layer 'kertas copy', trus klik Filter > Render > Cloud di Menubar. step inibuat bikin layer 'kertas copy' dipenuhi oleh noise seperti asap.

[Image: 337ed4a8.png]

Step 5
Masih di layer 'kertas copy', pencet tombol G di keyboard buat ngaktifkan Gradient tool. di control palette di bagian atas, atur settingan warna gradasi jadi hitam/putih, style-nya jadi linier, dan mode-nya jadi Difference, trus tarik(drag mouse) sembarang/acak beberapa kali sampai ktemu kekacauan kek gini

[Image: 74a1f69e.png]

Step 6
Pilih layer 'kertas copy', trus klik Filter > Stylize > Emboss. Biarin settingan default, trus klik Ok.

[Image: a68f51f4.png]


Step 7

Masih di layer 'kertas copy', pencet tombol Ctrl+L (Level) di keyboard, trus tarik slider hitam dan putih kearah tengah. Tepat seperti gambar dibawah ini.

[Image: 33aacbe1.png]


Step 8

Ubah blending mode dari layer 'kertas copy' jadi Overlay. kira2 hasilnya akhirnya seperti ini
.
[Image: 9610ed53.png]
sekian tutorial dari saya,jika ada step yg kurang jelas,silahkan berkomentar,terimakasih.
wasalam.

6 komentar:

  1. mantab gan tutorialnya..
    ijin praktek ya

    ReplyDelete
  2. sory gan yg tadi ane baru sadar ternyata ada,, thanks jadi malu salam blogger

    ReplyDelete
  3. gan kok di filter gk ada render..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake photoshop cs berapa gan, ane ada kok, ane make cs5 portable

      Delete